Ads 468x60px

Rabu, 02 Mei 2012

Cara Cepat dan Hemat Naik Haji

Petugas Cleaning Service di Masjidil Haram Mekkah dan di Masjid Nabawi Madinah pada umumnya orang2 Asia Selatan. Kalau bukan Bangladesh, maka mereka berasal dari India atau Pakistan. Tetapi ada juga kita temui orang2 Melayu termasuk bangsa Indonesia.


Di salah satu Toilet Mesjid Nabawi saya pernah menegur CS yang bertampang Melayu.

"Assalamu'alaikum! Orang Indonesia ya Pak?", tanya saya.
"Wa alaikumussalam, iya Pak Haji." (Di sini semua orang dipanggil "Pak Haji" oleh para CS Indonesia)
"Kampungnya dimana pak?"
"Pandeglang. Saya baru dua bulan di sini..."
"Ohh. Keluarga di kampung ya?"
"Iya."
"Emang gede ya gaji di sini?", selidik saya.
"Ah engggak juga, cuma rata-rata 700 riyal"
Itu berarti 700 dikali 2500. Sekitar 1,6 juta rupiah.

"Wah, kalo cuma segitu emang enggak bisa dapet kalo kerja di Indonesia Pak?"
"Ya bisa sih. Tapi tujuan saya ke sini sih bukan untuk cari duit banyak2."
"Lho, emang untuk apa?"
"Cuma supaya bisa naik haji ajah... Kalau nanti musim haji, saya mau 'hajian'. Abis itu ya udah, saya mau pulang aja. Temen2 juga banyak yang gitu kok."

Nah, jadi ternyata Bapak CS dari Indonesia itu bukan Cleaning Service "profesional" tho? Dia cuma mau naik haji cepat dan murah saja :-).

Bayangkan..., kalau dia ikut antrian naik haji dari Indonesia, maka ia harus menunggu antara 5 sampai dengan 10 tahun. Kemudian biayanyapun makin lama makin mahal. Sekarang sekitar 30 jutaan lebih.

Nah, kalau dia "mengabdi" jadi Cleaning Service di Tanah Suci, maka dia bisa langsung ikut berhaji tahun ini juga, tidak perlu menunggu. Adapun biaya yang dikeluarkan adalah biaya daftar jadi Tenaga Kerja Indonesia ke Arab Saudi yang jauh lebih murah daripada ONH. Selain itu selama bulan2 menunggu musim haji diapun mendapat gaji walaupun "cuma" 700 riyal. Pintar juga si Bapak :-)

6 komentar:

Anonim mengatakan...

bapak ini lebih smart dan ikhlas

Anonim mengatakan...

bagaimana dan dimana ngelamarnya pak ?

M. Taufik Zoelkifli mengatakan...

Lamaran kerja utk jadi cs Masjidil Haram? Nanti saya tanya lagi mereka insya Allah.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Pak,
Gimana tuh pak caranya daftar jadi CS dan bisa langsung berhaji.
Jujur saya minat sekali tuh. Mohon infonya.
Terima kasih,
Wassalamualaikum

Anonim mengatakan...

Kami tunggu infonya Pak. Terima Kasih

M. Taufik Zoelkifli mengatakan...

Yang mau naik haji dgn cara kerja duludi Mekkah / Madinah bisa menghubungi penyalur TKI nya di Jalan Komodor no 2. Halim Perdana Kusuma. Jakarta Timur. Dengan ibu Selfi atau ibu Wiwin.
Atau di PT AFI Jatinegara dekat UKI.
Perusahaan2 tsb biasanya mempekerjakan orang Indonesia sebagai Cleaning Service atau tukang bangunan di bawah bendera SBG (Saudi Binladin Group)

Posting Komentar