Ads 468x60px

Selasa, 16 Agustus 2016

Tarawih di Dua Masjid Suci

Tepat mulai malam pertama Ramadhan, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menyelenggarakan sholat tarawih berjama'ah.

Jumlah raka'atnya 23, serupa dengan sebagian masjid2 di tanah air. Yang tidak sama adalah panjang dan indahnya ayat Qur'an yg dibaca. Rasulullah saw pernah mengatakan bahwa "Sebaik-baik sholat adalah yg lama berdirinya". Maksudnya "lama berdiri" adalah ayat2 Al Qur'an yg dibaca panjang.

Di masjid Haromain (dua masjid suci) dalam satu rakaat ayat yg dibaca biasanya satu halaman Qur'an, kadang lebih. Artinya dalam 23 rakaat akan dibaca 23 halaman yg sama dengan satu juz lebih.

Cara baca Imam Sholat sangat tartil tidak cepat2, berurutan dari satu ayat ke ayat berikutnya. Suaranya sangat indah dan menyentuh. Membuat hati orang2 beriman bergetar dan semakin bertambah imannya.

Santri2 penghafal Qur'an yg pergi ibadah umroh di bulan Ramadhan akan mendapat pengalaman luar biasa. Al Qur'an yg sudah ada cikal bakalnya di hati mereka langsung beresonansi ketika mendengar ayat2 Qur'an dibacakan dalam sholat tarawih. Mereka bukan sekedar bisa muroja'ah hafalan, tapi juga bisa merasakan mu'jizat Qur'an yg menggetarkan jiwa2 dengan luar biasa.

Di depan mereka ada seorang Imam Sholat, seorang Syaikh Masjidil Haram atau Masjid Nabawi mengimami sholat dengan sepenuh hatinya. Memancar ke seluruh jama'ah, Kalam Ilahi yg Maha Agung. Kadang menyentak membawa rasa khauf (takut), kadang menyeruakkan kesejukan yg luar biasa dengan roja' (harapan) akan ke Maha Pengampunan Allah yg tiada tandingnya.

Imam itu sekaligus cerminan masa depan mereka. Seorang penghafal Qur'an pasti pernah punya cita2 untuk bisa mengimami ribuan jama'ah, bukan untuk riya, tapi mengamalkan "balighu anni walaw ayah" sampaikan dariku walau satu ayat, mengajak manusia kepada Kalimat Allah yg tinggi.

Imam Sholat Masjid Haromain adalah role model dari para santri penghafal Qur'an.

Bersyukurlah kita karena Allah memberi kesempatan untuk membawa santri Griya Qur'an* umroh di bulan Ramadhan.

Subhanallah, wal hamdulillah, wa laa ilaha illaLlah, wallahu akbar!


*) Pesantren Tahfidz "Griya Qur'an". Jalan Sawo no: 10. Kukusan. Beji. Depok.
www.griyaquran.net 

0 komentar:

Posting Komentar